Unknown On Minggu, 28 September 2014


Mungkin Anda sudah tidak asing lagi mendengar pulau Bali. Pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya. Namun, tidak kalah juga keindahan seninya pun banyak di minati para pelancong loo. Baik pelancong dalam negeri ataupun manca negara. Nah, pada kesempatan hari ini, kami kan membahas sedikit tentang sejarah asal usul tari sekar jagat. Tarian ini merupakan tari tradisiaonal Bali yang banyak di  gemari orang-orang loo. Anda pasti penasaran kan dengan asal usulnya. 
Nama Tari Sekar Jagad awalnya di ambil dari kata “Sekar” yang artinya bunga yang harum. Sedangkan “Jagad” memiliki arti dunia. Oleh karena itu, tari sekar jagad dapat juga di artikan dengan bunga di taman yang harumnya sampai ke seluruh dunia. Tarian ini biasanya di pentaskan oleh para penari wanita. Para penari menari dengan lemah gemulai dan gerakan-gerakan yang ritmis dan serempak. 
Pada tahun 1993, Tari Sekar Jagad mulai di ciptakan oleh Swasthi Widjaya Bandem dan gambelan (music traditional bali ) oleh Bapak I Nyoman Windha. Awalnya tarian ini hanya di pentaskan di daerah keraton saja. Namun sekarang sudah banyak di kenal oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, juga manca negara yang berkinjung ke Pulau Bali. Tarin ini sering di pentaskan sebagai hiburan masyarakat.

Pakaian Tari Bali (Tari Sekar Jagat) 1 set : 
Terdiri dari :
- Hiasan kepala (Gelungan)
- Gelang 
- Hiasan leher (Badong Kulit)
- Tutup Dada
- Strapless Prada
- Pending Prada Jepang
- Selendang
- Kain
- Tapih

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments